Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan dua guru besar, yaitu dari Prof Dra Fatma Lestari Msi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Prof Dr Ir Muhammad Idrus Alhamid dari Fakultas Teknik (FT).

“Fatma Lestari ditetapkan sebagai Guru besar tetap dalam Bidang Ilmu Keselamatan Kerja, sedangkan Muhammad Idrus Alhamid sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Teknik Pendingin dan Tata Udara,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di kampus UI Depok, Rabu (15/1).

Ia mengatakan penetapan kedua guru besar UI ini dilakukan di Balai Sidang UI kampus Depok, Jawa Barat yang dipimpin oleh Rektor UI Prof Dr Muhammad Anis MMet. Farida mengatakan Fatma Lestari menyampaikan pidato pengukuhannya berjudul ‘Strategi Peningkatan Keselamatan Kerja dan Keselamatan Publik di Indonesia melalui Pendekatan Sistematik Pencegahan Kecelakaan’.

Berdasarkan data Jamsostek menunjukkan bahwa hingga akhir tahun 2012 telah terjadi 103.074 kasus kecelakaan kerja. Kasus kecelakaan kerja jika dibandingkan antara tahun 2011 dan 2012, secara total terjadi kenaikan sebesar 3,6 persen. Peningkatan jumlah kasus tersebut menunjukkan perlunya peningkatan keselamatan kerja.

Sedangkan Muhammad Idrus Alhamid menyampaikan pidato pengukuhan berjudul ?Solar Thermal Cooling System, Upaya Pengurangan Polusi Udara dan Penghematan Energi. Selama ini masyarakat telah memanfaatkan energi matahari (solar energy) sebagai sumber listrik atau panas (kalor, heat).

Berbeda dengan hal tersebut, Prof. Idrus mengangkat penelitian mengenai pemanfaatan solar energy untuk sistem pendinginan. Masyarakat populer menikmati pendingin dengan menggunakan sistem kompresi uap (vapour compression) seperti yang digunakan pada Air Conditioner (AC) split, AC window, dan kulkas. Padahal ada cara lain yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan yakni menggunakan panas sebagai energi utamanya yang dinamakan Solar Thermal Cooling System (STCS).